Gameboy Music!

2 comments

Chiptune, atau Chip music, atau Micromusic adalah musik yang dibuat dari sound format yang telah di syntesizekan secara realtime oleh computer atau video game sound chip. Chiptunes sangat popular pada periode pertengahan 1980an sampai awal 1990an dimana pada saat itu untuk membuat musik dengan computer hanya tersedia sound chip tersebut.
Medium tersebut memberikan fleksibilitas kepada para komposer-komposer dalam menciptakan instrumen sendiri, tetapi dikarenakan sound chip komputer pada saat itu hanya tersedia simple tone generator dan noise generator, mengakibatkan keterbatasan dalam menciptakan sound yang lebih kompleks.
Chiptune kadang terdengar “kasar dan menciut-ciut bagi para pendengar yang tidak biasa dengan musik tersebut dan chiptune juga sangat berhubungan dekat sekali dengan video game music.

Ada banyak sekali jenis musik chiptune berdasarkan console atau komputer yang digunakan. Salah satu yang popular di gunakan sampai saat ini adalah Gameboy. Musik chiptune yang dibuat menggunakan gameboy sangat terkenal dengan kepraktisannya. Tingkat kepopuleran gameboy musik bermula pada tahun 1998, ketika seorang art student dari jerman bernama oliver wittchow merilis catridge bernama nanoloop. Sebuah kaset game gameboy yang digunakan khusus untuk membuat musik. Disusul oleh johan kotlinski dari swedia yang merilis Littlesounddj atau LSDJ pada tahun 2000. Kedua program itu sangat banyak digunakan oleh para musisi gameboy.
Komunitas chiptune musik termasuk kecil tetapi tersebar diseluruh dunia dengan banyak musisi yang menciptakan genre yang berbeda. Mereka bergerak secara underground dan sangat aktif menjalin hubungan antar Negara. Banyak sekali event musik chiptune international yang di selenggarakan seperti Blip festival di New York, Microbo party di Italy dan Lo-bit playground di jepang.
Suatu budaya kuno yang masih hidup di zaman modern. Bagi mereka, keterbatasan teknologi bukan lah suatu halangan untuk berkarya. Malah itu menjadi suatu tantangan yang sangat menarik, yaitu, menghasilkan sesuatu yang maksimal dari medium yang minimal.
Sekarang kita masuk ke perkembangan teknologinya, soundchip2 yang dipakai tersebut seperti yang tersedia dalam komputer2 berikut ini:

  1. Chip Atari Pokey di komputer Atari 400/800
  2. Chip Atari di komputer Commodore
  3. Chip PAPU dalam Nintendo Game Boy
  4. Chip YAMAHAYM 2149 di komputer Atari st
  5. Chip AY 3-8910 or 8912 di komputer Amstrad CPC
  6. Chip Yamaha YM3812 di komputer IBM PC Compatibles
  7. Chip Ricoh 2A03 di dalam the Nitendo Entertainment System atau Famicom
biasanya, chiptunes terdiri dari basic waveform yaitu sine wave, square wave dan sawtooth atau triangle wave, dan basic percussion, sering dihasilkan dari white noise melalui ADSR envelope. Untuk software yang digunakan dalam membuat chiptune music disebut Tracker.
Musisi chiptune banyak tersebar di dataran eropa, amerika dan jepang. Asiknya, mereka punya klub sendiri kalo ngadain acara. Isinya full tutatitut.. waaah.. Instrument yang populer mereka gunakan adalah Gameboy, Nintendo entertainment system (NES), Commodore 64 dan Atari ST , di lengkapi dengan synth2 modern.
Dibilang chipsound itu karena sound yang keluar langsung dari chipset tersebut. chipset sound komputer kuno dan game console jaman dulu hanya tersedia Pulse wave, square wave, triangle wave dan white noise yang pure. kalo kita bikin lagu berdasarkan suara2 tersebut pasti identik dengan pure chiptune. Kick drum pun bisa di hasilnya oleh waveform2 tersebut, sedangkan hihat atau snare menggunakan white noise. jaman skrn sudah banyak yang mengkolaborasikan sound asli chipset tersebut dengan drum machine modern atau analog synth dsb. dan hasilnya pun sangat mantab.



Pestamikro 2… di jakarta
Di indonesia sendiri, para musisi tergabung dalam sebuah komunitas yang bernama “Indonesian Chiptune“. Banyak kegiatan yang dilakukan selain nongkrong2 bareng yaitu mengadakan workshop dan presentasi chiptune musik ini (tentatif), Mengadakan ghatering-event per 3 bulan dan menjalin relationship dengan komunitas chiptune lainnya untuk membawa nama indonesian chiptune di mata komunitas Global .


If you like this post, please share it!
Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

2 Response to Gameboy Music!

April 26, 2010 at 4:15 PM

gan,tepat ngumpulnya anak gameboy biasanya dimana yaa???

May 30, 2010 at 7:42 PM

.wah kren ni alat" ny tmn..

Post a Comment