Inilah Peristiwa Malapetaka Lima Belas Januari (Malari)

0 comments
PERISTIWA Malapetaka Lima Belas Januari (Malari) adalah peristiwa demonstrasi mahasiswa dan kerusuhan sosial yang terjadi pada 15 Januari 1974. Peristiwa itu terjadi saat Perdana Menteri (PM) Jepang, Kakuei Tanaka, sedang melakukan kunjungan ke Jakarta pada 14-17 Januari 1974.

Mahasiswa merencanakan aksi demonstrasi antimodal asing di Pangkalan Udara Halim Perdanakusumah guna menyambut kedatangan Tanaka. Namun, karena penjagaan yang ketat rombongan mahasiswa tidak berhasil menerobos pangkalan udara. Akhirnya, demonstrasi terjadi di hampir seluruh ruas jalan Kota Jakarta.

Aksi tersebut disertai dengan kerusuhan, pembakaran, dan penjarahan. Asisten pribadi presiden, Ali Moertopo, menuduh kelompok ekstrem kanan sebagai dalang peristiwa Malari.

Namun, setelah para tokoh peristiwa Malari, Syahrir dan Hariman Siregar, diadili ternyata tuduhan itu tidak bisa dibuktikan. Belakangan baru diketahui, berdasarkan pernyataan Jenderal Soemitro dalam buku Pangkopkamtib Jendral Soemitro dan Peristiwa Malari, bahwa ada kemungkinan Ali Moertopo sendiri yang mendalangi peristiwa Malari.

Akibat peristiwa itu, Presiden Soeharto memberhentikan Jenderal Soemitro dari jabatan Panglima Kopkamtib. Jabatan asisten pribadi presiden yang semula dijabat Ali Murtopo pun kemudian ditiadakan
If you like this post, please share it!
Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

No Response to "Inilah Peristiwa Malapetaka Lima Belas Januari (Malari)"

Post a Comment